Bulan Muharrom Momentum Berbagi Kebahagiaan Dengan Anak Yatim

Tanggal 10 Muharrom Momentum Berbagi Kebahagiaan Dengan Anak YatimJember-partainasdemjatim.com Moch Eksan, Wakil Ketua Bidang Agama dan Masyarakat Adat DPW Partai NasDem Jawa Timur benar- benar memanfaatkan Tanggal 10 Muharrom 1439 Hijriyah untuk berbagi kebahagiaan dengan menyantuni anak-anak yatim. Terbukti, hampir tiap hari pria yang juga anggota Fraksi NasDem DPRD Jatim ini, menghadiri dan menyantuni anak yatim.

Pertama, Eksan memberikan tausyiah dalam acara Pengajian dan Santunan Anak Yatim di Dusun Bukol Desa Pandansari Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang. Jumat (29/09/2017).

Kemudian, hari berikutnya ia melanjutkan acara Santunan Anak Yatim yang diselenggarakan Remas Baitus Salam di Rejosari-Gumelar, Balung, Jember. Sabtu (30/09/2017).

Saat dikonfrimasi terkait kegiatan tersebut, Eksan menuturkan bahwa menyantuni anak yatim selain memiliki nilai sosial juga merupakan ibadah.

Wakil Sekretaris PC NU Kabupaten Jember ini lalu menukil hadits tentang keutamaan menyantuni anak yatim yaitu “Kedudukanku dan orang yang menanggung anak yatim di surga bagaikan ini.” (Beliau merapatkan jari telunjuk dan jari tengahnya). (HR. Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 135, shahih) Lihat As Silsilah Ash Shahihah (800): (Bukhari: Kitab Al Adab, 24-Bab Fadhlu Man Ya’ulu Yatiman)”

Pendiri Eksan Institute ini menambahkan, sesuai dengan UUD 1945 pasal 34 (1) disebutkan bahwa anak terlantar dan fakir miskin dibiayai oleh negara. Kendati demikian, masyarakat secara moral juga punya tanggung jawab untuk berperan dalam mengentas mereka dari ketidak berdayaan.

“Apa yang dilakukan oleh lembaga pendidikan, atau kelompok masyarakat, atau dilakukan oleh siapapun dengan menyantuni anak yatim, saya kira patut ditiru,” pungkasnya. (Had)

Leave a Reply