Bupati Malang, Rendra Kresna Buka Pertemuan Regional ILO

Bupati Malang, Rendra Kresna Buka Pertemuan Regional ILOMalang-partainasdemjatim.com

Bupati Kabupaten Malang, Dr. H. Rendra Kresna membuka pertemuan Regional bertajuk “Knowledge Sharing Workshop on Good and Promising Practices and Lessons Learned to Promote Decent Work for Domestic Workers and to Eliminate Child Domestic Labour di Hotel Santika Kota Malang, Selasa (23/1/18). Pertemuan yang dihadiri Staf Program dan Operasional Senior ILO (International Labour Organization) Jenewa, Jose Maria Ramirez diikuti perwakilan organisasi pekerja rumah tangga (PRT), penggiat pekerja dan perwakilan terkait lainnya dari 11 negara Asia selama tiga hari hingga 25 Januari nanti.

Pertemuan ini bertujuan untuk berbagi praktik-praktik baik dan menjanjikan, mengkaji pembelajaran serta mengembangkan kegiatan di masa mendatang. Utamanya, dalam mewujudkan pekerjaan layak untuk PRT dan menghapus pekerja rumah tangga anak (PRTA) di kawasan ini.

“Terima kasih kepada ILO yang telah memilih Malang raya sebaga tempat diselenggarakan workshop ini. Tentunya dari kegiatan ini, apa yang diterapkan di Indonesia khususnya Kabupaten Malang tentang PRT akan sebagai bahan pembanding dan pembelajaran bagi negara lain yang ikut workshop. Semisal, hubungan antara majikan dan PRT di Indonesia yang menempatkan PRT sebagai bagian dari anggota keluarga,” ujar Bupati Malang saat diwawancara awak media usai membuka workshop ILO.

Sekitar 40 peserta dari Bangladesh, Hongkong, Kamboja, India, Malaysia, Nepal, Filipina, Sungapura, Srilanka dan Thailand hadir berbagi pengetahuan, inisiatif dan pengalaman. Praktik-praktik yang baik dan menjanjikan dapat terus ditingkatkan serta di replikasi untuk mempromosikan pekerjaan layak bagi PRT.

Selama tiga hari acara, peserta juga akan membahas upaya memperkuat kerjasama diantara para pemangku kepentingan terkait sebagai kontribusi penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030. Khususnya 8.7 tentang penghapusan pekerja anak pada 2025 dengan perhatian khusus terhadap PRTA.

Kunjungan lapangan akan dilakukan untuk memperlihatkan praktik-praktik yang baik dari Indonesia sebagai negara tuan rumah. Para peserta akan mengunjungi Pusat Pekerja Rumah Tangga di Dusun Godean, Desa Kucur, Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Serta, Sistem Pengawasan berbasis Komunitas di daerah Polowijen, Kota Malang.

“Potret keberadaan PRT di Malang raya tidak ada masalah, kalaupun ada satu kasus yang terjadi bukan sebuah masalah besar. Atas nama Pemkab Malang berterima kasih kepada ILO atas kehormatan ini. Kami siap mendukung program ILO dengan terus melakukan pendampingan baik dalam hal pelatihan dan lainnya kepada PRT tentunya melalui dinas terkait,” pungkas Bupati. (Red-Humas)

Leave a Reply