Bupati Probolinggo, Tantriana Sari Sambut Tahun Baru Dengan Menggelar Parade Hadrah On The Street

Bupati Probolinggo, Tantriana Sari Sambut Tahun Baru Dengan Menggelar Parade Hadrah On The StreetProbolinggo-partainasdemjatim.com

Sedikitnya 25 grup hadrah turut meramaikan kegiatan Parade Hadrah On The Street yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, Minggu (31/12/2017) malam. Kegiatan ini digelar dalam rangka untuk menyemarakkan malam pergantian tahun 2017-2018.

Para peserta Parade Hadrah On The Street yang sudah memasuki tahun ke-3 ini merupakan perwakilan dari desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Kraksaan. Serta perwakilan dari Kecamatan Pajarakan, Besuk dan Krejengan. Kegiatan ini mengambil start di halaman Pondok Pesantren Hati Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan dan finish di Alun-alun Kota Kraksaan.

Parade Hadrah On The Street tahun 2017 ini diawali dengan sholat Maghrib dan Isya berjamaah di Masjid Bin Aminuddin. Kemudian dilanjutkan dengan sholat Tasbih dan Hajat berjamaah.

Pelepasan Parade Hadrah On The Street ini dihadiri oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE didampingi suaminya yang juga Mustasyar PCNU Kabupaten Probolinggo dan Kota Kraksaan Drs H Hasan Aminuddin M.Si.

Tampak pula Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo Santoso, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono, sejumlah Kepala OPD serta Camat di lingkungan Pemkab Probolinggo.

Dalam kegiatan ini, para peserta atau grup membawa alat hadrah, sound system, genset dan becak. Mereka menabuh secara serempak perangkat hadrahnya dengan menempuh jarak 5 kilometer dari halaman Pondok Pesantren Hati Dusun Toroyan Desa Rangkang Kecamatan Kraksaan sekitar pukul 20.00 WIB.

Dari Pondok Pesantren Hati, peserta parade hadrah bergerak ke arah timur dan selanjutnya melewati depan RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Kemudian mereka belok ke arah barat melewati TMP Kraksaan dan Jl. KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Kelurahan Sidomukti. Hingga akhirnya melewati depan GOR Sasana Krida Kraksaan dan finish di Alun-alun Kota Kraksaan.

Sesampainya di garis finish Alun-alun Kota Kraksaan, mereka dihibur oleh Orkestra Suara Hati dan beberapa hiburan lainnya hingga detik-detik pergantian tahun. Aksi para grup hadrah ini memancing animo masyarakat untuk berduyun-duyun menyaksikan dari dekat dengan memenuhi kanan dan kiri jalan sepanjang rute yang dilaluinya.

Dalam sambutannya H Hasan Aminuddin saat melepas peserta Parade Hadrah On The Street mengungkapkan kegiatan ini dilakukan untuk menghindari permasalahan antar anak muda di akhir tahun. Dimana, di pergantian tahun perlu adanya hiburan yang bermanfaat yang dapat mengarahkan anak muda ke hal-hal yang positif.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada anak muda yang banyak berkumpul dan menyaksikan pasukan hadrah sambil melantunkan sholawat Nabi Muhammad SAW,” katanya.

Menurut Hasan, kegiatan ini bertujuan sebagai syiar agama melalui kesenian hadrah dan sebagai media hiburan bagi masyarakat dalam menyambut tahun baru 2018. Serta sebuah strategi untuk mengurangi angka kriminal dalam merayakan tahun baru 2018.

“Keterlibatan pemuda itu sangat penting sehingga anak-anak muda itu kemana-mana untuk mencari hiburan di malam tahun baru 2018. Kegiatan semacam ini sangatlah diperlukan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat, terutama pada generasi muda. Harapannya anak-anak muda tidak lagi hura-hura dalam menyambut malam pergantian tahun,” katanya. (Red-Humas)

Leave a Reply