Dengan Semangat Sumpah Pemuda Kita Jaga Keutuhan NKRI

Dengan Semangat Sumpah Pemuda Kita Jaga Keutuhan NKRI, Yohan Suryanto Kader Muda Restorasi Jawa TimurOleh: Yohan Suryanto
(Kader Muda Restorasi Jawa Timur)

Sebagai warga negara Indonesia tentunya Sumpah Pemuda sudah tidak asing di telinga kita semua. Sumpah Pemuda, hanyalah sebuah sumpah yang tidak berarti apa-apa jika tidak di sertai pendalaman makna di belakangnya dan di depannya.

Jauh sebelum di adakan Kongres Pemuda II (27-28 Oktober 1928), Indonesia berada dalam masa penjajahan tanpa ada titik awal perjuangan untuk mencapai kemerdekaan. Masing-masing daerah dan golongan berjuang melawan penjajah tanpa ada kesatuan dan persatuan. Justru itulah perlawanan yang dilakukan menjadi sia-sia karena menjadikan penjajahan semakin merajalela.

Pada saat Kongres Pemuda II, lahirlah Sumpah Pemuda yang menunjukkan tentang eksistensi negara Indonesia sesungguhnya. Bunyi yang terkandung pada Sumpah Pemuda mempunyai makna yang mendalam bagi pemuda dan pemudi dalam mencintai dan mengakui Indonesia sebagai tanah airnya.

Makna yang tertuang dalam sumpah pemuda terasa sangat mendalam karena berisikan cita-cita pemuda dan pemudi saat itu untuk mempersatukan seluruh rakyat dalam bangsa yang satu yaitu bangsa Indonesia. Melalui Sumpah Pemuda, segenap pemuda-pemudi diajak untuk saling menjaga tanah air Indonesia dalam hal apapun. Semenjak Indonesia menyatakan kemerdekaannya, maka setiap tanggal 28 Oktober Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda.

Makna Sumpah Pemuda yang harus terus melekat dalam diri para pelajar adalah menghargai perjuangan Indonesia dalam usaha mencapai kemerdekaan, memotivasi diri untuk terus melakukan perjuangan, semakin mencintai Indonesia dengan segenap hati, menjadikan diri bangga menjadi bagian dari Indonesia, dan bersama-sama menjaga keutuhan NKRI. (*)

Leave a Reply