Divisi Teknis KPU Jatim Matangkan Silon

Divisi Teknis KPU Jatim Matangkan SilonSurabaya-partainasdemjatim.com Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim), terus mematangkan seluruh tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 mendatang. Terkini, jajaran komisioner akan mengikuti bimbingan teknik (Bimtek) terkait Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

Divisi Teknis KPU Provinsi Jatim Muhammad Arbayanto menyatakan, dalam pelaksanaan Bimtek Silon itu sangat penting untuk diikuti karena menjadi acuan dalam kaitannya dengan dukungan dari masyarakat. Di satu sisi fungsi SILON juga memudahkan untuk mengecek dukungan ganda terhadap pasangan calon (Paslon).

“Makanya acara Bimtek Silon Pilkada 2018 itu sangat penting, jangan sampai dilewati karena berkaitan dengan masalah keabsahan dan aturan paslon,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Arba ini menambahkan, SILON Pilkada 2018 juga akan bersinggungan dengan tahapan pencalonan dari jalur perseorangan di Pilgub Jatim 27 Juni 2018 nanti. Di mana nantinya, pasangan dari calon perseorangan harus menyerahkan 6,5% dari (Daftar Pemilih Tetap) terakhir, harus tersebar dilebih dari 20 Kabupaten/Kota Se-Jawa Timur.

“Dengan hasil Bimtek Silon Pilkada 2018, setidaknya nanti akan bisa dan faham dalam menghadapi tahapan pencalonan jalur perseorangan,” tambahnya.

Arba menjelaskan, jalur perseorangan untuk syarat minimal dukungan akan diumumkan 9 Nopember 2017 dan batas akhirnya 22 Nopember 2017. Acuannya tetap pada KTP elektronik yang nantinya akan di verifikasi lebih lanjut. Bila memang belum memenuhi syarat, maka harus ditambah lagi jumlah KTP dukungannya.

“Dalam waktu dekat memang terkait dengan calon perseorangan, yang nantinya bentuk dukungannya berbasis pada e-KTP,” pungkasnya. (Red-kpujatim)

Leave a Reply