“GUYUB RUKUN” Jadi Semboyan Pilgub Jatim 2018

“GUYUB RUKUN” Jadi Semboyan Pilgub Jatim 2018Surabaya-partainasdemjatim.com Dipilihnya “Guyub Rukun” sebagai semboyan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018, tentu tidak sembarang pilih. Ada beberapa pertimbangan yang dikedepankan dalam memilih semboyan Guyub Rukun, baik itu dalam hal makna dan nilai filosofis yang terkandung dalam tiap kata.

Demikian disampaikan Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, dalam acara Media Gathering Peresmian Tahapan Pilgub Jatim 2018, di JX Internasional Surabaya, Rabu 29 November 2017.

Gogot menguraikan, pemilihan kata “Guyub” sendiri memiliki makna dan nilai filosofi sendiri yakni kehendak untuk bersama dalam kebersamaan. Atau dalam istilah Bahasa Jawa dikenal uwur, tutur lan sembur sebagai bentuk kontribusi keguyuban dan kebersamaan. Uwur artinya benda atau materi, tutur adalah ide, nasehat dan gagasa, sedangkan sembur maknanya doa.

Selanjutnya, “Guyub” memiliki makna kompak. Bahwa peserta, penyelenggara, masyarakat dan pemerintah harus kompak dalam melaksanakan Pilkada. Makna berikutnya, “Guyub” adalah kerjasama yang artinya, diperlukan kerjasama yang baik antar semua pihak demi suksesnya Pilkada Jatim.

“Makna kata Guyub juga ada nilai gotong royong, bersama-sama suka rela berpartisipasi dalam semua tahapan Pilkada,” urai Gogot saat dihadapan wartawan.

Dia menambahkan, makna dan nilai filosofis kata “Rukun” diartikan sebagai suatu kondisi tanpa pertikaian. Makna rukun mengisyarakatkan pesan perdamaian, keamanan, jauh dari rasa kecemasan, ketakutan dan intimidasi. Selain itu, menurutnya, rukun juga selalu menghargai setiap perbedaan yang muncul, jika hal tersebut terjadi dapat diselesaikan dengan musyawarah mufakat.

Rukun juga mengandung arti menghargai setiap perbedaan pilihan. Mengisyaratkan pesan perdamaian dalam Pilkada, harus terlaksana dengan damai dan aman.

“Serta Pilkada yang dilaksanakan harus bebas dari rasa ketakutan, kecemasan dan bebas dari berbagai intimidasi,” pungkasnya.

Selain Maskot dan Semboyan (tagline). KPU Jatim juga meluncurkan Jingle berjudul “Jatim Nyoblos” karya Fajar Setya Kurniaji asal Kabupaten Sampang, Mars berjudul “Pilgub Jatim Guyub Rukun” karya dari Muhammad Radityo dari Kabupaten Magetan. (Red-kpujatim)

Leave a Reply