Hasan Aminuddin Adalah Politisi Dari Tiga Zaman

Hasan Aminuddin Cawagub NasDem 2018Surabaya-partainasdemjatim.com Dua partai pengusung Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur di Pilgub Jatim mendatang, Partai NasDem dan Partai Golkar, menilai Hasan Aminuddin layak mendampingi Menteri Sosial itu sebagai wakilnya di Pilkada Jatim 2018.

Ketum Partai Golkar Setya Novanto pada peringatan Hari Santri, Minggu (22/10) di Probolinggo, menyampaikan keinginannya memasangkan Khofifah dengan Hasan Aminuddin. Ia berharap figur yang akan menjadi wakil Khofifah adalah figur yang dekat dengan ulama dan tidak asing di kalangan masyarakat nahdliyin.

“Saya berharap Khofifah menemukan wakilnya di Probolinggo ini,” kata Setya Novanto yang kerap dipanggil Setnov.

Sementara, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai NasDem Jawa Timur Muzammil Syafii mengatakan, Hasan Aminunddin adalah figur politik senior yang memiliki basis politik riil baik di wilyah tapal kuda, madura, dan mataraman.

Hasan Aminuddin dikenal sebagai sosok figur yang mengakar di wilayah tapal kuda dan madura. Bukan berarti ia tidak memiliki basis politik di mataraman. Istrinya yang sekarang menjabat bupati Probolinggo adalah orang Ponorogo, yang dipastikan bisa mengakomodasi kepentingan politik mataraman.

Muzammil menyebut Hasan Aminuddin sebagai politisi tiga zaman.

“Beliau ini politisi tiga zaman: zaman orde baru, zaman reformasi, zaman restorasi,” kata anggota Komisi A DPRD Jatim ini.

Sebenarnya, lanjut Muzammil, memasangkan Khofifah dengan Hasan Aminuddin adalah amanah almarhum Kiai Hasyim Muzadi. Sejak 2013 beliau berkehendak memasangkan keduanya sebagai cagub dan cawagub.

“Jadi memasangkan Ibu Khofifah dan Pak Hasan merupakan amanah Almarhum Kiai Hasyim Muzadi,” ungkap Muzammil kepada wartawan, Senin (23/10/2017). (Zul)

Leave a Reply