Khofifah-Emil Daftar Bacalon Gubernur Dan Wakil Gubernur Jatim 2018

Khofifah-Emil Daftar Bacalon Gubernur Dan Wakil Gubernur Jatim 2018Surabaya-partainasdemjatim.com

Bakal pasangan calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Emil Listianto Dardak resmi mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), Rabu (10/1/18). Saat mendaftar, pasangan Khofifah-Emil diantar oleh partai politik (parpol) pengusung dan ribuan pendukungnya.

Khofifah-Emil datang mendaftarkan diri ke KPU Jatim sekitar pukul 11.45 WIB. Kedua pasangan calon tersebut berjalan kaki sekitar 500 meter menuju kantor KPU Jatim, diarak dan diiringi oleh parpol pengusung dan simpatisan pendukung, hingga sampai memasuki pintu gerbang kantor KPU Jatim.

Khofifah-Emil yang kompak menggunakan baju putih, dipersilahkan masuk ke tempat pendaftaran dan diterima langsung oleh Ketua KPU Jatim Eko Sasmito beserta seluruh komisioner yang lain. Yakni Muhammad Arbayanto (Divisi Teknis), Gogot Cahyo Baskoro (Divisi SDM dan Parmas), Choirul Anam (Divisi Perencanaan dan Data) dan Dewita Hayu Shinta (Divisi Umum Keuangan dan Logistik).

Dari jajaran Bawaslu Provinsi Jatim hadir Muhammad Amin (Ketua) dan Aang Kunaifi (Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga), serta beberapa staf yang bertugas melakukan monitoring.

Divisi Teknis KPU Jatim, Muhammad Arbayanto saat membuka proses pendaftaran dan pemeriksaan berkas Bacalon menyatakan bahwa hari ini Rabu, 10 Januari 2018 merupakan jadwal pendaftaran bagai Bacalon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018. Hal ini sudah sudah sesuai dengan aturan ada di PKPU Nomor 1 tentang Tahapan Program dan Jadwal Pilgub Jatim 2018.

“Kami sampaikan pada paslon terkait prosedur pencalonan, termasuk berkas yang harus dikumpulkan oleh Bacalon,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Arba ini menerangkan, dalam aturan persyaratan pencalonan maupun persyaratan calon diatur dalam PKPU Nomoro 15 Tahun 2017. Di dalamnya menerangkan bahwa Bacalon wajib hadir dalam pendaftaran, serta menetapkan jumlah suara sah DPRD Jatim atau jumlah alokasi kursi di DPRD Jatim dan parpol atau gabungan parpol dapat mengusung Bacalon apabila dihadiri ketua dan sekretaris parpol.

Terkait persyaratan jumlah alokasi kursi DPRD Jatim, Arba menyebutkan kalau berkas sudah diberikan. Adapun rinciannya, partai pengusung Bacalon Khofifah-Emil, yakni dari Partai Demokrat (13 kursi), Golkar (11 kursi), PAN (7 kursi), PPP (5 kursi), NasDem (4 kursi), dan Hanura (2 kursi).

“Total kursi Parpol keseluruhan yang mengusung Bacalon Khofifah-Emil ada sebanyak 42 kursi DPRD Jatim,” ungkapnya.

Usai membacakan beberapa dokumen persyaratan dan syarat calon. Arba kemudian mempersilahkan tim verifikator dari KPU Jatim, Bawaslu Provinsi Jatim dan LO dari Bacalon untuk melakukan pemeriksaan. Tujuannya, agar semua persyaratan yang dilampirkan bisa diverifikasi secara bersamaan.

“Selanjutnya, kami persilahkan tim verifikator bersama Bawaslu dan LO untuk bersama-sama melakukan verifikasi,” ujarnya.

Sementara itu, M. Roziqi selaku Ketua Tim Pemenangan Bacalon Khofifah-Emil Tim menyampaikan pihaknya datang sekaligus mengantar pasangan Khofifah-Emil bersama parpol pengusung ke KPU Jatim. Tujuanya, untuk mendaftarkan pasangan Khofifah-Emil ikut dalam Pilgub Jatim 2018.

“Kami akan menyerahkan beberapa berkas persyaratan yang sudah sesuai dengan aturan. Semoga tidak ada kekurangan sedikitpun, dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (Red-Kpujatim)

Leave a Reply