Komisi A DPRD Jatim Dorong Pelaksanaan Pilkada Berkualitas

Komisi A DPRD Jatim Dorong Pelaksanaan Pilkada BerkualitasSurabaya-partainasdemjatim.com

Anggota Komisi A DPRD Jawa Timur, Muzammil Syafi’i berharap pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim yang serentak dengan Pilkada 18 Kabupaten/Kota tahun 2018 menjadi Pilkada yang berkualitas.

“Kita berharap Pilkada serentak di Jatim menjadi Pilkada yang berkualitas,” ujar Muzammil Syafi’i saat ditemui di Kantor DPRD Jatim sebelum mengikuti rapat bersama unsur Kepolisian, TNI, KPUD dan Bawaslu Jatim, Rabu (17/01/2017).

Pilkada berkualitas itu, lanjut Ketua Fraksi NasDem DPRD Jatim ini, minimal ada tiga hal yang harus diperhatikan, Yaitu: 1. Pelaksanaan Pilkada di Jatim berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku, 2. Penyelenggara yang profesional dan 3. Tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi.

Politisi yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Pemanangan Pemilu DPW Partai NasDem Jatim meyakini dengan tiga hal tersebut maka akan melahirkan calon terpilih yang legitimite. Artinya, kata Muzammil, mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya di Komisi A DPRD Jatim akan melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan Pilkada serentak. Apalagi, lanjut pria yang akrab disapa Buya Muzammil ini, anggaran Pelaksanaan Pilkada di Jatim cukup besar. Untuk Pilgub saja, pemerintah menggelontorkan dana sebesar 1 Triliun 75 Miliar.

“Kita akan memantau penggunaan anggaran tersebut, dan juga akan memantau program yang dijalankan KPUD terkait pelaksanaan Pilkada di Jatim,” tukasnya.

Mantan, Wakil Bupati Pasuruan ini juga mengingatkan KPUD terkait tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada kali ini harus lebih tinggi dari sebelumnya.

“Makanya sosialisasi harus terus dimaksimalkan,” pungkasnya. (Had)

Leave a Reply