KPU Jatim Tetapkan Maskot, Tagline, Jingle Dan Mars

KPU Jatim Tetapkan Maskot, Tagline, Jingle Dan MarsSurabaya-partainasdemjatim.com Maskot, Tagline, Jingle dan Mars Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2017 sudah ditetapkan melalui rapat pleno, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim). Selanjutnya, bisa digunakan dalam seluruh tahapan Pigub 2018.

Untuk kategori maskot yang terpilih setelah melalui proses, termasuk Diskusi Kelompok Terarah (FGD) dengan beberapa elemen masyarakat yang ahli dalam bidangnya. Maskot terpilih karya dari Hermawan Windaryanto (Magetan). Judul dari Maskot yang dikirim adalah “Si Remo”.

Kategori Jingle yang dipilih adalah hasil karya Fajar Setya Kurniaji (Sampang), dengan judul Jingle “Jatim Nyoblos”. Sementara untuk Mars, terpilih hasil karya dari Muhammad Radityo (Magetan), dengan judul Mars “Pilgub Jatim Guyub Rukun” dan untuk kategori Tagline yang disepekati dalam sidang pleno komisioner KPU Jawa Timur yakni “Guyub Rukun”.

Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, menyatakan untuk mars, jingle, tagline dan maskot sudah diputuskan melalui sidang pleno komisioner. Termasuk karya siapa saja yang dipilih juga telah ditetapkan.

“Meski sudah ditetapkan karya siapa saja yang dipakai dalam Pilgub 2018 nanti, tetap masih ada penyempurnaan yang nanti akan disampaikan ke pihak penciptanya” ujarnya (27/10/2017).

Gogot menambahkan, selanjutnya, untuk hak cipta menjadi milik dari KPU Jatim yang akan dipergunakan dalam seluruh tahapan Pilgub 2018 yang akan datang.

“Nanti kalau sudah ada penyempurnaan, baru akan dilaunching dan digunakan pada seluruh tahapan,” terangnya.

Sementara itu, Dosen Universitas Bhayangkara (Ubhara) Surabaya, Ratna Setyarahajoe menyatakan hasil karya berupa maskot, jingle, mars dan taglines secara garis besar sudah bagus. Dia menilai, tinggal ada beberapa penyempurnaan seperti belum adanya lirik yang belum ada tanggal dan bulan dari pelaksanaan Pilgub 2018.

“Itu karya yang terbaik dan patut kita apresiasi, cuma saran saya masih butuh beberapa penyempurnaan agar pesan terkait Pilgub 2018 bisa sampai dan mudah dipahami masyarakat,” ucapnya. (Red-Kpujatim)

Leave a Reply