Lakukan Pencegahan, Politisi NasDem Jatim Usul Duta Anti TKI Ilegal

Lakukan Pencegahan, Politisi NasDem Usul Duta Anti TKI IlegalSurabaya-partainasdemjatim.com

Kasus Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengalami masalah di Luar Negeri tak kunjung berujung. Setiap, tahun bahkan terkadang dalam hitungan bulan selalu muncul TKI yang tersangkut kasus hukum, termasuk banyak juga TKI Luar Negeri yang asal Jawa Timur.

Terbaru, Seorang tenaga kerja Indonesia, Zaini Misrin, asal Bangkalan, Madura Jawa Timur telah dihukum pancung di Arab Saudi pada Minggu (18/3/2018), walau Presiden Joko Widodo telah meminta bantuan Raja Salman untuk meninjau kembali kasus pidana yang menjerat WNI tersebut.

Kondisi ini mendapat perhatian khusus dari anggota Komisi E DPRD Jatim, Moch Eksan. Saat acara dialog di SBO TV di Surabaya tentang “Polemik Hukuman Mati TKI”, selain harus adanya pembelaan serius tentang kasus TKI oleh pemerintah, Eksan mengusulkan langkah pencegahan berupa memassifkan kampanye anti TKI Ilegal.

“Untuk mencegah¬† saya kira pemerintah perlu menggagas, memberikan reward (penghargaan) kepada Desa ataupun komonitas tertentu yang ikut berkampanye anti TKI Ilegal,” tegas Eksan. Senin (26/03/2018).

Kalau perlu bila memungkinkan lanjut politisi asal Partai NasDem ini, ada Desa Bebas TKI Ilegal. Dan itu dikasi reward.

Artinya kata Eksan, upaya-upaya penggalangan dari bawah harus digalakkan untuk melakukan pencegahan agar mereka bisa berpikir ulang untuk bekerja keluar negeri dan memfokuskan membangun Desanya.

Apalagi jelas mantan Komisioner KPUD Jember ini sekarang momentumnya sangat besar, dengan dana desa yang begitu besar maka sebenarnya kesempatan untuk membangun Desa, membangun keluarganya dan juga dirinya itu sangat besar.

Tak hanya itu, usul Eksan, pemerintah kalau perlu membuat program Duta Anti TKI Ilegal. Itu bisa dilakukan dengan menggandeng Pondok Pesantren atau kelompok masyarakat, yang tujuannya adalah memassifkan kampanye Anti TKI Ilegal. (Rha)

Leave a Reply