Luar Biasa, Pemkab Malang Raih Sakip Predikat BB

Luar Biasa, Pemkab Malang Raih Sakip Predikat BBMalang-partainasdemjatim.com

Sungguh luar biasa. Prestasi menakjubkan kembali dicatatkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Terbaru, Pemkab Malang meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia dengan predikat penilaian BB.

Penghargaan itu diterima langsung Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna dari Menpan dan RB, Asman Abnur di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Rabu (31/1) kemarin. Pak Rendra, sapaan akrab Bupati didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Ir. Didik Muljono, MT, Inspektur Kabupaten Malang, Tridiyah Maistuti, SH, MSi dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Alhamdulillah hasil kerja keras kita dibawah arahan bapak Bupati Malang berbuah hasil. Untuk tahun ini penilaian SAKIP yang diterima Pemkab Malang meningkat. Dari tahun lalu meraih nilai 62 atau predikat B, dan penilaian SAKIP tahun 2017 mendapatkan nilai di atas 70 atau BB,” kata Tridiyah Maestuti membenarkan saat dikonfirmasi Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Malang.

Wanita ramah ini menyampaikan, penghargaan tersebut diberikan pemerintah pusat karena Pemkab Malang dinilai telah menerapkan Akuntabilitas Keuangan dengan baik. Tridiyah menyebut, SAKIP adalah suatu sistem akuntabilitas untuk mengukur kinerja Pemerintah agar tepat sasaran, terintegrasi, memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat, efektif dan efisien.

Dikatakannya, hal tersebut sekaligus memenuhi tuntutan masyarakat yang semakin tinggi demi pemerintah mampu meningkatkan kualitas pelayanan.

“Pelayanan masyarakat harus tetap cepat dan tepat. Alhamdulillah, pada penilaian SAKIP tahun ini, Pemkab Malang bersama 15 Kota/Kabupaten se Indonesia yang menilai BB. Penilaian SAKIP sangat ketat dan selektif dengan komponen penilaian antara lain Perencanaan, Pengukuran, Pelaporan, Evaluasi Internal dan Capaian Kinerja,” ujar Tridiyah yang juga punya harapan di tahun depan akan bisa meraih nilai A dalam penilaian SAKIP. (Red-Humas)

Leave a Reply