Mendag Targetkan 4.000 Pasar Tradisional Direvitalisasi hingga 2018

Mendag Targetkan 4.000 Pasar Tradisional Direvitalisasi hingga 2018Yogyakarta-partainasdemjatim.com

Kementerian Perdagangan bakal merevitalisasi 1.200 pasar tradisional pada 2018. Hal itu untuk mencapai target revitalisasi 5.000 pasar tradisional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

“Pada 2018, target kami (revitalisasi pasar) harus di atas 4.000, paling minim 4.000, sehingga nanti 2019 tinggal tambah 1000 lagi,” kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat mengunjungi Pasar Pingit, Yogyakarta, Sabtu (30/12/17).

Ia mengatakan, target revitalisasi pasar tradisional masih belum mencapai target, jika diasumsikan setiap tahun harus menyelesaikan 1.000 pasar. Menurutnya, baru 2.900 pasar yang direvitalisasi hingga akhir 2017.

“Karena alokasi anggarannya terbatas. Tetapi 2018 nanti kami dapat anggaran yang baik untuk renovasi dan revitalisasi, baik itu dana TP (tugas pembantuan) maupun DAK (dana alokasi khusus),” tutur Enggartiasto.

Revitalisasi diperlukan untuk mengubah kesan pasar yang kumuh, kotor, dan tidak nyaman. Dengan demikian, pasar tradisional tak akan kalah saing dengan pasar moderen dan ritel yang mulai marak di era pasar bebas saat ini.

Selain merevitalisasi pasar tradisional, pihaknya juga menekankan kepada pasar moderen menyediakan akses barang untuk pedagang pasar tradisional. Nantinya, pedagang memiliki pilihan lebih banyak untuk menyediakan barang dagangan.

Terkait keterbatasan dana yang dimiliki pedagang pasar tradisional, Enggartiasto mengatakan, sejumlah perbankan memiliki fasilitas pemberian pinjaman. Namun, kemudahan itu belum bisa dirasakan semua daerah di Indonesia.

“Nah bertahap, di Jakarta dan beberapa daerah sudah mulai dan tahun depan kami inventarisir yang masuk radius untuk itu. Jadi, tingkat persaingan itu sama, biar warga banyak pilihan dan kita harus mengangkat pasar itu tidak kalah bersaing,” ucap Enggartiasto. (Red-Kompas)

Leave a Reply