Menteri Perdagangan RI: Pembangunan Ekonomi Masyarakat Harus Berkeadilan

Menteri Perdagangan RI: Pembangunan Ekonomi Masyarakat Harus BerkeadilanMalang-partainasdemjatim.com Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Enggartiasto Lukita menegaskan bahwa pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkeadilan bagi masyarakat, terutama adanya keberpihakan kepada pengusaha tradisional.

“Masyarakat harus jadi tuan di Negeri sendiri, termasuk dalam persoalan ekonomi,” jelas pria yang akrab disapa Enggar saat memberikan Kuliah Tamu di Ruang Seminar K.H. Moch Said Universitas Raden Rahmat (Unira) Kabupaten Malang. Jumat (24/11/2017).

Makanya, saat ini pemerintah berusaha memberikan perlindungan terhadap pengusaha-pengusaha tradisional, biar tidak tergerus oleh kehadiran pasar-pasar modern.

“Kehadiran Ritel modern adalah keniscayaan, mereka menampung tenaga kerja dari generasi kita banyak. Tapi yang jadi persoalan ritel modern bisa “menggusur”  pengusaha tradisional karena tidak bisa bersaing. Disitulah peran pemerintah,” tandas Enggar.

Selain itu, dalam kuliah umum yang bertemakan “Kebijakan Strategis Pemerintah Pusat dalam Meningkatkan Produktifitas Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat”, Enggar menuturkan juga berkomitmen melindungi produk-produk dalam Negeri dari serangan produk impor.

Makanya, pemerintah mengendalikan impor komoditas yang sudah diproduksi di dalam Negeri. Sebab, pihaknya menginginkan para petani menjadi tuan di Negerinya sendiri.

Enggar juga mengajak ratusan mahasiswa yang hadir agar kelak saat mereka lulus dan bekerja dimanapun, bisa melakukannya dengan serius, fokus, penuh tanggungjawab dan tidak setengah-setengah.

Ditempat yang sama, Rektor Unira, Hasan Abadi, M.AP, menyambut baik kedatangan Menteri Perdagangan RI tersebut kekampusnya. Pihaknya menyampaikan, 2045 Indonesia akan mengalami bonus demografi, dimana generasi usia produktif mencapai angka 70%.

“Maka dari itu harus kita kelola dengan baik agar Indonesia bisa menjadi maju dan bermartabat,” tukas Hasan Abadi. (Had)

Leave a Reply