NasDem Dukung KPU Yang Tetap Verifikasi Faktual Semua Parpol

NasDem Dukung KPU Yang Tetap Verifikasi Faktual Semua ParpolJakarta-partainasdemjatim.com

Partai NasDem mendukung KPU yang tetap akan memverifikasi seluruh partai politik secara faktual. Sekjen NasDem Johnny G Plate menyebut verifikasi faktual sudah sesuai dengan keputusan MK yang mengabulkan gugatan pasal 173 ayat 1 dan 3 UU Pemilu tentang verifikasi parpol.

“Faktual terhadap seluruh kepengurusan parpol, kelengkapan kantor dan administrasi parpol, nomor rekening parpol, kelengkapan anggaran dasar parpol, suket pendaftaran nama, lambang, tanda gambar parpol, suket kepengurusan keterwakilan perempuan secara fisik dan bukti keanggotaan parpol paling sedikit 1000 orang,” ujar Johnny di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/1/18).

Komisi II DPR setelah menggelar rapat dengar pendapat bersama KPU-Bawaslu-DKPP pada Selasa (16/1) kemarin memutuskan menghapus verifikasi faktual parpol dan meminta KPU merevisi PKPU Nomor 7 dan 11 yang memuat aturan verifikasi faktual. Alasannya karena DPR menganggap Sipol telah mewakili proses verifikasi faktual.

Menurut Johnny, Sipol KPU tidak bisa dijadikan dasar atau pengganti verifikasi fisik karena bersifat online, bukan fisik. Untuk itu, Johnnya menyebut F-NasDem meminta KPU untuk melakukan verifikasi faktual sembari tidak mengubah jadwal Pemilu 2019.

“(Tanpa verifikasi faktual) berpotensi dipertanyakannya legitimasi hasil pemilu,” ucap Johnny.

Selain itu, alasan NasDem mendukung verifikasi faktual oleh KPU terkait penyederhanaan parpol peserta pemilu.

“Verifikasi parpol punya tujuan sebagaimana diamanatkan dalam konstitusional desain Indonesia, yakni menyederhanakan parpol melalui verifikasi-verifikasi yang lebih akurat agar presidential system yang diterapkan di negara ini dapat dilaksanakan,” tutur dia. (Red-Detikcom)

Leave a Reply