Penuhi Syarat Verifikasi Faktual, NasDem Jatim Yakin Lolos

Penuhi Syarat Verifikasi Faktual, NasDem Jatim Yakin LolosSurabaya-Partainasdemjatim.com

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur melakukan verifikasi faktual terhadap Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) partai NasDem Jawa Timur di jalan Kartini Surabaya, Minggu, 28 Januari 2018. Verifikasi faktual ini berlangsung sejak pukul 15.30 WIB. Dalam verifikasi faktual ini seluruh komisioner KPU Jatim kecuali Gogot Cahyo Baskoro karena sedang sakit. Hadir pula Ketua Bawaslu Jatim Mohammad Amin dan Komisioner Bawaslu Aang Kunaifi ikut mengawasi jalannya verifikasi faktual.

Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur Rendra Kresna optimis NasDem akan lolos verifikasi faktual ini. Pasalnya, tiga syarat yang diwajibkan KPU bisa dipenuhi, diantaranya status kantor, personalia pengurus, dan 30 persen keterwakilan perempuan.

“Kami optimis lolos verifikasi faktual, karena semua syarat bisa kami penuhi. Semua pengurus hadir di kantor DPW sehingga pihak KPU bisa memverifikasi secara langsung,” ujar Rendra Kresna kepada wartawan.

Rendra melanjutkan, pihaknya tak mengalami kendala terkait verifikasi yang dilakukan KPU Jatim baik itu verifikasi administratif maupun faktual. Soal Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), yang dikeluhkan sejumlah partai, juga tak ada masalah.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito mengatakan, semua hasil verifikasi dan dokumen akan dibahas lewat pleno KPU Jatim. Karenanya, ia belum bisa memutuskan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat.

“Semua hasil verifikasi faktual parpol hari ini, termasuk NasDem belum bisa kami putuskan hasilnya. Kami akan pleno dulu sebelum memutuskan. Kalau pun ada yang kurang lengkap masih bisa dilengkapi di masa perbaikan,” kata mantan ketua KPU Kota Surabaya ini. (Kan)

Leave a Reply