Perluas Sosialisasi Pendidikan Pemilih, KPU Jatim Sasar Basis Keluarga Dan Netizen

Perluas Sosialisasi Pendidikan Pemilih, KPU Jatim Sasar Basis Keluarga Dan NetizenMojokerto-partainasdemjatim.com Berbagai upaya terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 mendatang. Salah satunya memperluas sasaran sosialisasi sekaligus pendidikan pemilih.

Perluasaan sosialisasi dan pendidikan pemilih nantinya, akan diperluas hingga ke tingkat keluarga dan warga internet (netizen). Dua sasaran itu dinilai penting dalam konteks kekinian, sesuai dan mengikuti perkembangan zaman.

“Basis keluarga dan netizen akan menjadi perhatian terkini dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih, selain sasaran yang lain. Itu juga merupakan amanah dari Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2017,” ujar Divisi Sumber Daya Manusia dan Partipasipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, dalam acara Bimtek Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat di hotel Grand Whiz Trawas Mojokerto, Rabu (18/10/2017)

Gogot menilai basis keluarga sangat tepat untuk sasaran sosialisasi dan pendidikan pemilih. Sebab, didalam keluarga terdapat pemilih yang sudah terdaftar dan anak selaku calon pemilih pemula. Penyelenggara pemilu sendiri juga bisa langsung berinteraksi dengan keluarga, sehingga sosialisasi dan pendidikan pemilih akan lebih tepat sasaran.

“Metodenya bisa dilakukan saat coklit dan forum warga, sehingga lebih tepat sasaran,” terang Gogot.

Alumni Universitas Jember (Unej) ini menambahkan, terkait sosialisasi berbasis Netizen merupakan jawaban atas kondisi kekinian yang sudah memasuki era milenial dan digital. Dimana, keberadaan Netizen terutama yang berkaitan dengan media sosial (medsos) juga tidak bisa dikesampingkan. Terlebih, penduduk Indonesia termasuk Jawa Timur di dalamnya adalah banyak pengguna internet aktif.

“Sekitar 51 persen dari total penduduk Indonesia merupakan pengguna internet atau medsos. Ini yang akan kami sasar dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih nanti,” terangnya.

Selanjutnya, guna lebih mematangkan sasaran sosialisasi di basis keluarga dan Netizen. Dalam bimtek hari kedua, peserta dari KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur akan melakukan diskusi kelompok. (Red-Kpujatim)

Leave a Reply