Rakornas KPU RI Bahas Logistik Pilkada Serentak 2018 Di Surabaya

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko SasmitoSurabaya-partainasdemjatim.com Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) melaksanakan Rapat Koordinasi Tingkat Nasional (Rakornas) Pengadaan Logistik Pemilihan 2018, di Hotel JW Marriot Surabaya, 20-22 Nopember 2017. Dalam Rakornas yang berlangsung tiga hari ke depan, akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan seluruh tahapan logistik Pilkada serentak.

Peserta Rakornas berasal dari KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, yang akan melaksanakan Pilkada 2018 secara serentak. Untuk yang dari Jatim, selain KPU Provinsi Jatim yang akan menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018, peserta juga dari 18 Kabupaten/Kota yang akan melakukan Pilkada serentak 27 Juni 2018. Ditambah dari sekretaris KPU Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Ketua Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU RI, Pramono Ubaid Tantowi menyatakan, semangat Rakornas dilakukan dalam rangka memastikan semua KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menggelar Pilkada serentak 2018, memahami hal yang berkaitan dengan logistik. Utamanya dalam prinsip pengadaan logistik yang transparan, efesien, efektif dan akuntabel.

“Terutama dari sisi karekter bisa faham akan prinsip dalam pengadaan logistik. Agar tidak menjadi masalah di kemudian hari,” ujarnya.

Pramono menjelaskan, dalam hal yang berkaitan dengan pengadaan logistik Pilkada serentak 2018. Selain harus faham dan taat aturan baik yang ada dalam petunjuk teknis (juknis) dan Peraturan KPU RI, harus juga ada komitmen untuk tidak mencoba main-main di luar aturan, dalam hal pengadaan logistik. Sebab, bila itu dilakukan akan ada implikasinya di kemudian hari.

Harapannya, dengan berpegang pada aturan dan komitmen serta menjalankan sesuai dengan sistem, semisal memakain sistem e-katalog, setidaknya akan bisa menjaga kepercayaan dari rakyat. Utamanya dalam penggunaan dan tanggung jawab dalam menjaga keuangan negara secara maksimal. Itu penting, dalam membangun citra sebagai penyelenggara Pemilu yang berintegritas.

“Sistem yang ada dan kita gunakan dalam pengadaan logistik, setidaknya berimplikasi pada efesiensi keuangan negara. Itu harapan kita semua,” urai Pramono.

Dia menambahkan, dengan kegiatan seperti rakornas dan bimtek setidaknya semua diniatkan untuk pengadaan logistik Pilkada serentak 2018 lebih baik. Tidak memunculkan persoalan yang bisa berimplikasi pada persoalan hukum.

“Makamya saya tegaskan jangan main-main dengan pengadaan logistik. Jalankan sistem, taati aturan dan harus punya komitmen menjaga keuangan negara,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Eko Sasmito, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh KPU se-Indonesia. Sekaligus berterima kasih kepada KPU RI yang telah kembali mempercayai sebagai tuan rumah untuk kesekian kalinya, dalam acara Rakornas pengadaan logistik.

“Selamat berakornas, semoga bisa nyaman dan membawa bermanfaat untuk kesuksesan Pilkada seretak 2018 nanti,” pungkasnya.

Selain dihadiri oleh Ketua Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU RI, Pramono Ubaid Tantowi. Rakornas Pengadaan Logistik juga dihadiri Wakil Ketua Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU RI Viriyan Azis, serta Sekjen dan beberapa pejabat eselon di lingkungan KPU RI. (Red-kpujatim)

Leave a Reply